LOLOS KE BABAK FINAL INTERNATIONAL SCIENTIFIC WRITING COMPETITION OF BNE UNIVERSITY OF BENGKULU 2025

 Karawang, Oktober 2025

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang (FKIP UNSIKA). Sebanyak 41 mahasiswa berhasil lolos sebagai finalis dalam ajang International Scientific Writing Competition of BNE, University of Bengkulu 2025 (ISWCBU 2025) yang mengusung tema “Lifelong Learning Education for Sustainable Development”. 

Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara pada jenjang diploma dan sarjana, menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menampilkan gagasan ilmiah yang inovatif dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan sepanjang hayat. Dari ratusan naskah yang dikirimkan, hanya 20 manuskrip terbaik yang berhasil melaju ke tahap final, di mana peserta diminta menyusun video presentasi atau poster ilmiah berdasarkan karya tulis yang telah dikirim sebelumnya. Rangkaian kegiatan dimulai dari Call for Paper pada 11 Agustus hingga 5 September 2025, dilanjutkan dengan tahap Full Paper Submission sampai 26 September, seleksi naskah pada 27 September–6 Oktober, dan pengumuman finalis pada 8 Oktober 2025. Para finalis kemudian mengikuti Technical Meeting daring pada 21 Oktober 2025 sebelum pengumuman pemenang melalui akun resmi @pnffkipunib pada 24 Oktober 2025.

Mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP UNSIKA menunjukkan kualitas akademik dan kreativitas tinggi melalui karya ilmiah yang relevan dengan isu global pendidikan sepanjang hayat. Beberapa judul karya yang berhasil lolos antara lain : 

NO

NPM

NAMA

JUDUL

1

2410631040010

Haikal Sayidil Adha

The Utilization of Youtube as A Digital Platform for Lifelong Learning in The Ai Era

2

2410631040024

Sharfina Kalstum

3

2410631040060

Tiara Eka Syahrani

4

2410631040073

Anita ghani salabila

5

2410631040022

Rivky Anandha Maryadi

The Impact of Community Based Agricultural Training on Lokal Farmer Productivity

6

2410631040074

Annisa Tiara Rahmaniyya

7

2410631040035

Ayu Wanti

8

2410631040042

Lisa Nailah Tamam

9

2410631040043

Marsha Kayla Nur Shifa

10

2410631040069

Zenira Nadhifa Sabri

Digital Sisterhood: Strengthening Women's Empowerment Through Lifelong Learning for A Sustainable Future

11

2410631040049

Nis Vela

12

2410631040070

⁠Albar Rasyid Giffari

13

2410631040025

⁠Viara Fauziah Ariyani

14

2410631040004

Anggi Aprilia Putri Agustin

Learning Never Stops: A Quantitative Study on Awareness of Lifelong Learning as A Lifestyle Among Teenagers and Parents

15

2410631040055

Reva Yulia

16

2410631040056

Ridwansyah

17

2410631040062

Tri Juliyana Putri

18

2410631040018

Nadine Damayanti

Digital Innovation for Nusantara: Inclusive and Equitable Lifelong Learning in Indonesia

19

2410631040076

Fransiska Apriliana Hasibuan

20

2410631040012

Khairunnisa

21

2410631040046

Muhammad Ramdhan Nugraha

22

2410631040011

Kanaya Enak Pradana

Digital Innovation for Equitable Lifelong Education: A Community Based Digital Innovation Model for Equitable Acces to Lifelong Learning in Remote Areas

23

2410631040003

Amara Nur Aulia

24

2410631040037

Din Rahma Suryaningsih

25

2410631040081

Rafa Desatyawan Sugito

The Role of Non-Formal Education in Improving Family Welfare

26

2410631040016

Mirna Nuraeni

27

2410631040007

⁠Galuhanny Syihabul Makhtob

28

2410631040020

Nawali Ghaitsa

29

2410631040082

Raihan Ferdi Febrian

30

2210631040030

Amalia Kusumawardani

Development of The Sindang Raya RPTRA Digital Platform to Promote Literacy, Education, and Equitable Access to Lifelong Learning

31

2210631040012

Maghfirah Ramadhnani

32

2210631040048

Rani Nur Azifah

33

2210631040024

Yulia Diah Puspita

34

2210631040041

Hafida Putri Aesarini

Lifelong Learning in Increasing Participation in Non-Formal Education among Marginalized Communities

35

2210631040052

Shofiyyah Nuur Rihhadatul’aisy

36

2210631040026

Zakia Salsabila Riani

37

2210631040032

Andien Novicka Zaelani Putri

38

2210631040014

Muhammad Riffal Irfana

The Transformative Role of Non-Formal Education in Addressing Learning Access Inequality: A Lifelong Learning Model for Marginalized Groups Within The Framework of Quality Education in The Sustainable Development Goals

39

2210631040035

Elsa Manora

40

2210631040065

Athaya Quds Dhiya Mulyadi

41

2210631040047


Rahmah Ramdhani


Dosen Pendidikan Masyarakat FKIP UNSIKA menyampaikan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam kompetisi ilmiah internasional ini sejalan dengan profil lulusan program studi, yaitu mencetak calon pengelola program, penyuluh, pendidik, dan fasilitator masyarakat yang berpikir kritis serta adaptif terhadap perubahan global. Partisipasi mahasiswa dalam ISWCBU 2025 menunjukkan kemampuan mereka tidak hanya memahami teori pendidikan masyarakat, tetapi juga menerapkannya dalam konteks pembangunan berkelanjutan dan pembelajaran sepanjang hayat. Mahasiswa yang lolos berasal dari semester 3 dan 7, menunjukkan adanya kolaborasi lintas angkatan dalam mengembangkan riset dan penulisan ilmiah yang berkualitas. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang memberikan apresiasi tinggi atas pencapaian ini. Diharapkan, prestasi tersebut menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam kompetisi ilmiah nasional maupun internasional. Komitmen FKIP UNSIKA dalam membangun budaya akademik yang inovatif dan kolaboratif diharapkan dapat melahirkan lebih banyak mahasiswa berprestasi yang berkontribusi nyata dalam mewujudkan Education for Sustainable Development, khususnya di bidang pendidikan masyarakat dan pembelajaran sepanjang hayat.