Karawang, Oktober 2025
Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang (FKIP UNSIKA). Sebanyak 41 mahasiswa berhasil lolos sebagai finalis dalam ajang International Scientific Writing Competition of BNE, University of Bengkulu 2025 (ISWCBU 2025) yang mengusung tema “Lifelong Learning Education for Sustainable Development”.
Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara pada jenjang diploma dan sarjana, menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menampilkan gagasan ilmiah yang inovatif dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan sepanjang hayat. Dari ratusan naskah yang dikirimkan, hanya 20 manuskrip terbaik yang berhasil melaju ke tahap final, di mana peserta diminta menyusun video presentasi atau poster ilmiah berdasarkan karya tulis yang telah dikirim sebelumnya. Rangkaian kegiatan dimulai dari Call for Paper pada 11 Agustus hingga 5 September 2025, dilanjutkan dengan tahap Full Paper Submission sampai 26 September, seleksi naskah pada 27 September–6 Oktober, dan pengumuman finalis pada 8 Oktober 2025. Para finalis kemudian mengikuti Technical Meeting daring pada 21 Oktober 2025 sebelum pengumuman pemenang melalui akun resmi @pnffkipunib pada 24 Oktober 2025.
Mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP UNSIKA menunjukkan kualitas akademik dan kreativitas tinggi melalui karya ilmiah yang relevan dengan isu global pendidikan sepanjang hayat. Beberapa judul karya yang berhasil lolos antara lain :
|
NO |
NPM |
NAMA |
JUDUL |
|
1 |
2410631040010 |
Haikal
Sayidil Adha |
The
Utilization of Youtube as A Digital Platform for Lifelong Learning in The Ai
Era |
|
2 |
2410631040024 |
Sharfina Kalstum |
|
|
3 |
2410631040060 |
Tiara
Eka Syahrani |
|
|
4 |
2410631040073 |
Anita ghani
salabila |
|
|
5 |
2410631040022 |
Rivky
Anandha Maryadi |
The
Impact of Community Based Agricultural Training on Lokal Farmer Productivity |
|
6 |
2410631040074 |
Annisa Tiara
Rahmaniyya |
|
|
7 |
2410631040035 |
Ayu
Wanti |
|
|
8 |
2410631040042 |
Lisa Nailah
Tamam |
|
|
9 |
2410631040043 |
Marsha
Kayla Nur Shifa |
|
|
10 |
2410631040069 |
Zenira Nadhifa
Sabri |
Digital
Sisterhood: Strengthening Women's Empowerment Through Lifelong Learning for A
Sustainable Future |
|
11 |
2410631040049 |
Nis
Vela |
|
|
12 |
2410631040070 |
Albar Rasyid
Giffari |
|
|
13 |
2410631040025 |
Viara
Fauziah Ariyani |
|
|
14 |
2410631040004 |
Anggi Aprilia
Putri Agustin |
Learning
Never Stops: A Quantitative Study on Awareness of Lifelong Learning as A
Lifestyle Among Teenagers and Parents |
|
15 |
2410631040055 |
Reva
Yulia |
|
|
16 |
2410631040056 |
Ridwansyah |
|
|
17 |
2410631040062 |
Tri
Juliyana Putri |
|
|
18 |
2410631040018 |
Nadine Damayanti |
Digital
Innovation for Nusantara: Inclusive and Equitable Lifelong Learning in
Indonesia |
|
19 |
2410631040076 |
Fransiska
Apriliana Hasibuan |
|
|
20 |
2410631040012 |
Khairunnisa |
|
|
21 |
2410631040046 |
Muhammad
Ramdhan Nugraha |
|
|
22 |
2410631040011 |
Kanaya Enak
Pradana |
Digital
Innovation for Equitable Lifelong Education: A Community Based Digital
Innovation Model for Equitable Acces to Lifelong Learning in Remote Areas |
|
23 |
2410631040003 |
Amara
Nur Aulia |
|
|
24 |
2410631040037 |
Din Rahma
Suryaningsih |
|
|
25 |
2410631040081 |
Rafa
Desatyawan Sugito |
The
Role of Non-Formal Education in Improving Family Welfare |
|
26 |
2410631040016 |
Mirna Nuraeni |
|
|
27 |
2410631040007 |
Galuhanny
Syihabul Makhtob |
|
|
28 |
2410631040020 |
Nawali Ghaitsa |
|
|
29 |
2410631040082 |
Raihan
Ferdi Febrian |
|
|
30 |
2210631040030 |
Amalia
Kusumawardani |
Development
of The Sindang Raya RPTRA Digital Platform to Promote Literacy, Education,
and Equitable Access to Lifelong Learning |
|
31 |
2210631040012 |
Maghfirah
Ramadhnani |
|
|
32 |
2210631040048 |
Rani
Nur Azifah |
|
|
33 |
2210631040024 |
Yulia Diah Puspita |
|
|
34 |
2210631040041 |
Hafida
Putri Aesarini |
Lifelong
Learning in Increasing Participation in Non-Formal Education among
Marginalized Communities |
|
35 |
2210631040052 |
Shofiyyah Nuur Rihhadatul’aisy |
|
|
36 |
2210631040026 |
Zakia
Salsabila Riani |
|
|
37 |
2210631040032 |
Andien Novicka Zaelani Putri |
|
|
38 |
2210631040014 |
Muhammad
Riffal Irfana |
The
Transformative Role of Non-Formal Education in Addressing Learning Access
Inequality: A Lifelong Learning Model for Marginalized Groups Within The
Framework of Quality Education in The Sustainable Development Goals |
|
39 |
2210631040035 |
Elsa Manora |
|
|
40 |
2210631040065 |
Athaya
Quds Dhiya Mulyadi |
|
|
41 |
2210631040047 |
|
Dosen Pendidikan Masyarakat FKIP UNSIKA menyampaikan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam kompetisi ilmiah internasional ini sejalan dengan profil lulusan program studi, yaitu mencetak calon pengelola program, penyuluh, pendidik, dan fasilitator masyarakat yang berpikir kritis serta adaptif terhadap perubahan global. Partisipasi mahasiswa dalam ISWCBU 2025 menunjukkan kemampuan mereka tidak hanya memahami teori pendidikan masyarakat, tetapi juga menerapkannya dalam konteks pembangunan berkelanjutan dan pembelajaran sepanjang hayat. Mahasiswa yang lolos berasal dari semester 3 dan 7, menunjukkan adanya kolaborasi lintas angkatan dalam mengembangkan riset dan penulisan ilmiah yang berkualitas. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang memberikan apresiasi tinggi atas pencapaian ini. Diharapkan, prestasi tersebut menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam kompetisi ilmiah nasional maupun internasional. Komitmen FKIP UNSIKA dalam membangun budaya akademik yang inovatif dan kolaboratif diharapkan dapat melahirkan lebih banyak mahasiswa berprestasi yang berkontribusi nyata dalam mewujudkan Education for Sustainable Development, khususnya di bidang pendidikan masyarakat dan pembelajaran sepanjang hayat.
.jpeg)
.jpeg)
.jpeg)


.jpeg)
.jpeg)